Copyright © Der Kampf um die Träume
Design by Dzignine
Selasa, 28 Juni 2016

Cara membuat Blocked Account di Deutsche Bank

Halo!

Jadi ceritanya kemarin, 27.6.2016, saya bersama mas Ali menuju ke Kedutaan Jerman yang letaknya di dekat bundaran HI untuk membuka blocked account di Deutsche Bank. Sekedar info, blocked account ini merupakan syarat wajib bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah di Jerman (tanpa beasiswa ataupun Verpflichtungserklärung). Dalam blocked account ini akan tersimpan uang mengendap (untuk persyaratan tahun ini €8040 tapi ada issue kalau naik jadi €8640) selama setahun dan bisa diambil setiap bulannya (setidaknya kita ga kelaparan di negara orang). Jadi untuk kalian yang membaca postingan ini dan berniat untuk melanjutkan studi di Jerman, saya sarankan untuk segera membuat karena mendapatkan LoA bukan menjadi syarat utama untuk membuka rekening blocked account.

Okay step-stepnya (untuk yang 18 tahun ke atas, setahu saya dibawah 18 tahun lebih ribet):
1. Download formnya di sini dan isi (bisa secara elektronik atau tulis tangan), tetapi perlu diingat jangan tanda tangan dulu, tanda tangannya di depan petugasnya di kedutaan.
2. Dokumen yang harus dibawa:

  • Form yang sudah diisi tadi
  • Passpor asli
  • Passpor fotokopi (pakai kertas A4, saya waktu itu fotokopi di A4 tetapi orang fotokopinya memotong sesuai ukuran, malah akhirnya petugasnya agak jutek dan bilang bahwa harus A4, tetapi berbaik hati memfotokopikan ulang)
3. Datang ke kedutaan. Untuk buat rekening ga usah pakai janji, langsung aja bilang ke pak satpamnya mau buka rekening. Oh iya, sebaiknya barang yang dibawa ga usah banyak soalnya isi tasnya di cek dan hp dititipkan. Masuk ke dalam dan ambil nomor antrian. Kami datang hari senin dan kiranya bakalan banyak antri, ternyata ga. Ga sampai 15 menit malah sudah nomor antrian kami (bisa langsung berdua), setelah disuruh tunggu sebentar dan akan dipanggil lagi. Setelah dipanggil akan diberikan kuitansi.
4. Kirim berkasnya ke Deutsche Bank di Jerman, bisa lewat DHL atau yang lain. Kalau mau cepat bisa lewat kedutaan (harganya lebih murah). Saya dan mas Ali memilih jalur lewat kedutaan.

Selesai. Ketika berhasil dibuka akan diemail oleh pihak Deutsche Bank. Sampai sekarang masih kurang tau estimasi waktunya berapa, nanti saya update lagi.

Oh iya total harganya:
-Pembuatan rekening : 300rb
-Pengesahan : 150rb
-Biaya kirim : 200rb

Jadi totalnya 650rb perkepala :) 

Sekian dulu postingan dari saya. Terima kasih :)

1 komentar:

  1. Bagus postingannya kak, buat nambah informasi.
    Update ya kak kalau ada info beasiswa luar hihihi :D

    BalasHapus