Copyright © Der Kampf um die Träume
Design by Dzignine
Selasa, 06 Oktober 2015

Summer 2014 : German Graduation!


Latepost ._.

Sebenarnya saya bisa lebih lama tinggal di Swiss, tetapi karena saya harus menghadiri perpisahan teman saya, maka saya bela-belain ambil kereta malam dari Swiss menuju balik ke Haltern am See. Saya tiba di Haltern sekitar jam 7, untungnya saya di jemput di stasiun kereta (kalau jalan kaki dari stasiun menuju ke rumah memakan waktu kira-kira 15-20 menit dan saya sudah cukup capek). Setelah sampai di rumah saya bilang saya butuh tidur dulu beberapa menit sebelum siap-siap, acaranya mulai jam 8, dan saya ketiduran dan bangun pukul 8 lebih dikit.

Dengan panik saya langsung mengganti baju saya lalu turun ke bawah untuk sarapan. Saya diberitahukan oleh Anne (host-mother saya) kalau dia sudah mengabarkan Gabi (host-tante) bahwa saya akan telat. Kebetulan sepupu saya juga lulus jadi sebelumnya saya sudah janjian bersama mereka untuk pergi bersama-sama ke gereja.

Kalau kalian bertanya, kenapa perpisahan dilaksanakan di gereja? Jadi ini sudah semacam tradisi (saya tidak tahu apakah cuma di sekolah saya atau di seluruh sekolah di Jerman), pada hari perpisahan awalnya dimulai dengan Gottesdienst (Church service) dimana semuanya berkumpul di gereja dan dilaksanakan ibadah (semacam syukuran, cmiiw), dan berlangsung sekitar 2 jam. Dikarenakan saya ketiduran, saya datangnya lumayan telat (untungnya masih ingat jalan ke gereja). Saya sebenarnya deg-degan membuka pintu gereja yang besar (takut diliatin orang), tapi ternyata setelah pintunya dibuka ada pintu lagi. Setelah itu saya menunggu di belakang karena tidak tau mereka duduk di mana. Saya sebenarnya sudah diberitahu kalau mereka duduk di bagian kanan dan disuruh untuk langsung mencari mereka, tetapi kayaknya tidak baik untuk langsung tiba-tiba nyosor mencari mereka (mereka di kasus ini adalah keluarga sepupu saya) di tengah gereja yang hening dan cuma ada suara dari pengisi suara.

Akhirnya ketika sudah mulai ramai, Gabi pun mencari saya di belakang (saya sangat bersyukur karena kaki saya sudah pegal berdiri). Saya lalu diajak duduk bersama yang lain. Duduknya dipisah antara yang lulus (Abitur) dan keluarga. Para Abitur duduk di barisan depan. Setelah 1,5 jaman, akhirnya acaranya selesai, dan setelah itu dengan perlahan berjalan kaki menuju sekolah. Jarak antara gereja dan sekolah ada sektiar 15 menit (jalan santai). Tetapi sebelum itu kami menyempatkan diri untuk berfoto.



Saat tiba di sekolah kami pun lalu diarahkan menuju aula, saya ingat di aula ini merupakan tempat acara-acara besar sekolah seperti teater, orkestra, dll. Saya juga dulu sempat mengikuti lomba matematika di sekolah ini. Sangat ingin saya bernostalgia dengan sekolah yang telah 3 tahun saya tinggalkan, tetapi sayangnya acaranya sudah di mulai. Acaranya bisa dibilang kurang lebih sama seperti acara di Indonesia; ada kata sambutan, band, sepatah kata kenangan... Sembari berjalannya acara saya juga berusaha mencari teman-teman kelas saya dulu. Tidak terasa mereka yang dulunya masih lugu dan masih berusia 14 tahun, akhirnya lulus sekolah. 



Setelah acara selesai saya pun bertemu dengan beberapa teman kelas saya dulu. Merupakan kejutan untuk mereka untuk melihat saya di sana. "Dala, kamu datang ke Jerman demi kami? Wah, terima kasih. Sangat senang melihat kamu di sini," kata salah satu teman saya yang duduk dekat saya dulu (kurang lebih artinya begitu). Saya juga sempat bertemu dengan guru kimia saya, beliau sudah agak tua. Beliau sempat bertanya, "Anda kelihatannya familiar. Anda tau saya?" Dengan tertawa saya pun menjelaskan bahwa saya dulu siswi pertukaran pelajar dan beliau sebagai guru kimia saya.






Setelah itu saya sempat berfoto dengan beberapa teman, dan setelah itu saya dan sepupu saya beserta keluarganya pergi ke restoran untuk makan. Saya ingat kami merayakan ulang tahun saya yang ke-17 di restoran ini (dan sepertinya ini bukan restoran murah).




Acara graduation terbagi 2, pertama di pagi-siang, dan yang kedua mulai pada malam hari. Setahu saya pada malam hari dari jam 8-12 itu acara makan malam bersama, tapi sayang kuotanya terbatas, satu orang hanya dapat membawa 2 orang, jadi saya tidak ikut. Tetapi diatas jam 12, acaranya bebas untuk umum. "Abiball" seperti prom night yang difilm-film yang sering kita tonton, tetapi di sini ga berpasang-pasang kok. Sebelum pergi, saya menyempatkan diri untuk tidur dulu.Akhirnya saya menuju ke tempat acara tersebut pada pukul 12 malam, saya sudah janjian dengan teman saya.




Tetapi karena tipe-tipe acara begini sebenarnya bukan tipe acara saya (well, saya ikut karena yang lulus teman saya), pada jam 2 saya akhirnya pulang.

Jadi itulah postingan tentang German Graduation, semoga bermanfaat!

Another posting of my Summer2014's adventure:



0 komentar:

Posting Komentar