Copyright © Der Kampf um die Träume
Design by Dzignine
Sabtu, 08 Oktober 2016

Hello RWTH Aachen - Pengalaman mendaftar sampai daftar ulang

Hello!

Sebenarnya ada postingan tentang pertunangan ala bugis yang sudah ada di draft, tetapi mungkin ini lebih penting. Jadi pada postingan ini saya akan menjelaskan pengalaman mendaftar di salah satu universitas teknik ternama di Jerman, RWTH Aachen University.

RWTH Aachen ini di Indonesia terkenal dengan nama "kampusnya pak Habibie", dan di Jerman sendiri merupakan salah satu leading university khususnya di bidang teknologi. Saya mengetahui mengenai kampus ini dari orangtua angkat saya di Jerman, dan juga dari beberapa pameran pendidikan yang saya hadiri (EHEF dkk). 

Mimpi saya untuk lanjut sekolah di Jerman sudah ada setelah saya pulang dari pertukaran pelajar dengan AFS di tahun 2010-2011 lalu. Tetapi karena untuk melanjutkan di jenjang S1 sedikit rempong dengan studiekollege dan juga Alhamdulillah saya diterima di ITS, saya akhirnya memutuskan untuk menunda niat kuliah di Jerman untuk jenjang S2. 

Perjalanan untuk mendaftar tidak mudah. Awalnya adalah untuk memutuskan "mau kuliah di universitas mana?". Tetapi untuk mendapatkan jawaban itu, pertanyaan "mau lanjut jurusan apa?" juga harus dijawab, karena belum berarti universitas bagus memiliki jurusan yang kita inginkan. Menurut saya pribadi lebih bagus kuliah sesuai minat daripada hanya mengejar kampus bagus saja. 

Dalam perjalanan persiapan menuju S2 ini saya lakukan sejak saya berada di semester 5 diantaranya dengan menghadiri pameran-pameran pendidikan dan juga melihat di internet. Pada akhir semester 5 saya menemukan calon teman hidup yang mengerti akan keinginan saya untuk kuliah lagi dan juga ingin melanjutkan S2 bersama dan akhirnya kami membuat google sheet yang berisi semua universitas di Jerman dan program S2 Teknik Informatika yang ditawarkan. Saya juga menanyakan beberapa informasi mengani program kuliah kepada suami kakak angkat saya dikarenakan dia juga lulusan teknik informatika.

Sheet tersebut di update beberapa saat dan berhenti pada saat awal semester 7. Setelah melihat-lihat, untuk kuliah S2 yang berbahasa Inggris, pendaftaran yang paling tidak rempong adalah mendaftar di RWTH Aachen University. Saya yang penggemar pak Habibie jadi semangat untuk mengurus pendaftaran. Ditambah lagi untuk program Teknik Informatika, RWTH Aachen menawarkan 2 program master dalam bahasa Inggris: M.Sc in Software Systems Engineering dan M.Sc in Media Informatics yang menurut saya dua-duanya menarik.

Semua pendaftaran dilakukan bukan melalui uni-assist, tetapi melalui portalnya sendiri: https://movein.campus.rwth-aachen.de/movein/portal/studyportal.php Jadi langkah-langkah awal yang harus dilakukan adalah.

1. Mencari tahu ingin kuliah apa
Untuk daftar program S2 yang ditawarkan dapat dilihat di sini. Sudah saya bantu filter untuk program khusus bahasa Inggris (dikarenakan untuk bahasa Jerman agak lebih rempong pendaftarannya).

2. Program yang kamu inginkan ada? Daftar di portalnya!
Jika program master yang kamu inginkan ada, silahkan register di portalnya di https://movein.campus.rwth-aachen.de/movein/portal/newapp.php. Klik start untuk memulai. Harap diingat bahwa pendaftaran untuk winter semester DITUTUP pada tanggal 1 Maret tiap tahunnya. Klik next-next dan isi sesuai data yang sebenarnya (asal negara, program yang diinginakn dll). Untuk pertanyaan "do you already have a university degree?" di jawab yes meskipun kamu belum lulus (yang jelas akan lulus).

3. Isi form yang tersedia.
Akan disediakan form untuk diisi, seputar data pribadi, nilai ijazah SMA, alamat dll. Harap diisi sedetail dan sejujur-jujurnya. Untuk berkas bisa ditambahkan nantinya (dicicil bisa).

4.Siapkan berkas yang dibutuhkan
In general, berkas-berkas yang dibutuhkan:
  • Surat motivasi
  • 2 surat rekomendasi dari dosen
  • Ijazah S1 (bisa nyusul)
  • Transcript (sampai semester 7 aja juga ga masalah)
  • IELTS/TOEFL (kalau udah tes, kalau belum bisa nyusul)
  • Foto
  • Syllabus (ini ga harus tapi mending attach aja)
  • Surat keterangan kerja atau pengalaman kerja (kalau ada)
Scan semuanya dengan jelas agar bisa dibaca. Saya memulai mengumpulkan berkas sejak akhir semester 7, tetapi dari beberapa bulan sebelumnya sudah meminta izin kepada 2 orang dosen jika berkenan untuk membuatkan saya surat rekomendasi. Bagusnya RWTH Aachen untuk Ijazah dan TOEFL/IELTS bisa menyusul jadi untuk kamu yang masih berada di semester 7 juga memiliki peluang untuk mendaftar (but bakalan telat tiba di Jermannya karena tunggu ijazah kalau lulus pas 8 semester).  Surat motivasi jangan dianggap remeh, karena meskipun kelihatan sepele tetapi pas mulai menulisnya idenya lari semua. 

5. Print dan tanda-tangani form
Ketika semua berkas sudah diupload, form akan otomatis di generated, dan bisa di print. Silahkan print form ini, tandatangani lalu kirim ke Jerman. Berkas paling lambat diterima tanggal 1 Maret untuk mulai kuliah Oktober tahun depannya. Saya sewaktu itu menggunakan Zip courier dari Surabaya dan hanya dikenakan hampir 300ribu rupiah. Dan berkas ini bisa dikirim bareng orang lain jadi mending rame-rame aja kirimnya supaya hemat.

6. Cek status
Status pendaftaran bisa di cek di https://movein.campus.rwth-aachen.de/movein/portal/login.php?_type=login. Normally, mereka akan mengemail jika terjadi perubahan.

7. Berdoa
Last step, berdoa semoga tidak ada hambatan dan diterima. Aamin.

Bisa dibilang tiap hari saya deg-degan menunggu pengumuman. Pada bulan April saya mendapat pesan jikalau aplikasi saya untuk program Media Informatics sedang di proses dan akan diberitahu hasilnya 2-3 minggu lagi. Ah iya, saya mendaftar di dua program tersebut (Media Informatics dan Software Systems Engineering). 

lagi diproses..
Pada hari Kamis beberapa minggu berikutnya saya terbangun dan mendapat email bahwa saya diterima di program MSc in Media Informatics. Alhamdulillah, begitu senang rasanya bisa diterima. LoA yang saya terima bersifat conditional dikarenakan saya belum mengumpulkan ijazah dan hasil IELTS/TOEFL. Kendala yang saya terima adalah saya tidak bisa mendaftar visa jikalau dua persyaratan ini belum terpenuhi. Untuk IELTS bisa-bisa saja daftar segera untuk tes. Tetapi ijazah? Harus menunggu dulu, apalagi waktu itu tugas akhir saya masih setengah jalan hehehe (tambah motivasi lagi untuk cepat lulus).

Email untuk MI



LoA!

Pada bulan Mei atau awal Juni kalau tidak salah saya mendapatkan email lagi bahwa saya "likely to get accepted" pada program SSE. Dan beberapa hari kemudian LoA untuk SSE pun menyusul melalui portal tadi. Untuk LoA asli juga dikirimkan langsung ke alamat yang kamu tuliskan pada saat pendaftaran.

Next step: lulus dan urus visa. Untuk langkah-langkah mengurus visa pelajar Jerman dapat dibaca pada postingan saya sebelumnya di sini.
email dari SSE

Alhamdulillah visa saya kelar dalam waktu 3,5 minggu (bisa dibilang lumayan beruntung) walaupun saya sangat telat mengurusnya. Saya kemudian berangkat ke Jerman pada tanggal 30 September 2015.

Alhamdulillah saya berada di Jerman sekarang dan sudah mendapatkan tempat tinggal sampai nanti sebelum nikah. Pada tanggal 5 Oktober kemarin saya mendaftar ulang di RWTH Aachen. Setelah beberapa pertimbangan, saya memutuskan untuk mengambil jurusan Media Informatics. Uniknya untuk program ini 1-2 semester pertama akan dilaksanakan di Bonn, yang berjarak 1,5-2 jam dari Aachen. Untuk berkas ulang, yang perlu dibawah adalah:

  1. LoA
  2. Syarat-syarat di LoA
  3. Ijazah asli
  4. Transcript asli
  5. Asuransi
Untuk asuransi diharuskan untuk memakai asuransi yang sesuai dengan standar Jerman, dan saya sarankan untuk membuatnya di Jerman dikarenakan sistemnya cashless jadi jika terjadi sesuatu tidak perlu rempong lagi dengan reimbursement.

Sekian cerita dari saya, semoga bermanfaat :)

Jika ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya lewat komentar di bawah atau melalui email ke dala.rifat27@gmail.com

Liebe Grüße aus Königswinter and I wish you a bright future ahead!
Yang masih berjuang bertahan hidup tanpa beasiswa dan lagi berusaha mencari part-time,
Dala :)





26 komentar:

  1. Mantap mas, sangat memotivasi.
    Saya mau tanya pendaftaran di aachen ada berapa periode ya?
    Kalau untuk saat ini kira2 bisa apply pendaftaran gak ya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftarannya tergantung jurusan. Kadang ada yang 1 kali setahun, kadang ada yang 2 kali. Untuk pendaftaran masuk Winter 2017/2018 sudah tutup, tapi kalau jurusan yang kamu mau ada untuk Summer Semester tahun depan, berarti bisa daftar rahun ini

      Hapus
  2. beasiswa kah ini kak?

    (nambah lagi kayaknya yang berminat ex. smudama+its ke RWTH kak).. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya saya nda beruntung dapat beasiswa. tapi bisa apply lpdp kan :)

      Hapus
  3. Kak, saya mau nanya, di rwth ada gak program studi s1 untuk teknik?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada broo banyaak banget malaah. Justru rwth itu tempatnya teknik

      Hapus
    2. bener. banyak banget jurusan tekniknya

      Hapus
  4. Kak, mau Tanya, buat lulusnya gak ada tes tertulis atau online tentang pelajaran2 di jurusan yang akan diambil? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk S2 ga ada sama sekali tes tertulis, melainkan full seleksi berkas.

      Hapus
  5. kak, saya mau tanya. kalo yang kuliahnya bahasa jerman, dokumennya tambah apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk S1 atau S2? Kalau S2 mungkin tambahannya sertifikat bahasa jerman yang sesuai dengan syarat universitas yang dituju

      Hapus
  6. kak, saya mau tanya. kalo yang kuliahnya bahasa jerman, dokumennya tambah apa?

    BalasHapus
  7. apakah utk s2 di RWTH Aachen, International Students hanya bisa mendaftar yang english-taught programs? Apakah yang german-taught tidak bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dua-duanya, asalkan untuk german-taught bahasa jermannya memadai

      Hapus
  8. Kak Dala,
    Sy sdh email ke alamat Kaka. Sy jg sedang mengurus application ke SSE RWTH. Nah, yg mau Sy tanyakan, Kaka apply bln brp baru dpt LoA April itu? Berdasar pengalaman Kaka & tmn2, Mungkinkah kalau Sy kirim berkas skrg dpt LoA bln dpn? Atau harus menunggu April? Krn di web nya : "result of admission will be available not before May". Sedangkan Sy butuh untuk sponsorship bln dpn.
    Thnks.
    Rofi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rofi,
      Sudah saya balas ya emailnya :)

      Tetapi mungkin bagi yang ingin bertanya pertanyaan yang sama saya jawab:

      Untuk LOA, meskipun daftarnya bulan Oktober, penerimaan LOAnya tetap setelah pendaftarannya tertutup (biasanya dikirim April-Mei tergantung jurusan)

      Hapus
  9. Kak saya berasal dari PTN biasa* saja di Jawa tengah... Akreditasi kampus dan jurusan masih B...apakah hal tersebut berpengaruh??
    Kalau hanya bisa bahasa inggris dan gk paham bahasa jerman ada pengaruhNya gk saat pendaftaran?? Saya masih semester 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Anggara,

      Kalau masalah akreditasi saya kurang tau, tapi selama diakui di ANABIN kamu bisa daftar.

      Terkait bahasa itu tergantung dari program yang kamu ambil, kalau programnya memang internasional, tidak apa-apa kalau tidak tau bahasa Jerman (sebagian besar teman jurusan saya belajar bahasa Jermannya pas di sini).

      Good luck!
      Dala

      Hapus
  10. Kak APA harus jenius sekali Bari bisa masuk rwth??

    BalasHapus
  11. Ka, syarat ipk s1 di Indonesia agar bisa mendaftar RWTH berapa?

    BalasHapus
  12. Kak di rwth apakah ada s3 geoscience?

    BalasHapus
  13. Kak di rwth apakah ada s3 geoscience?

    BalasHapus
  14. Assalamalaikum, keren kak :D, jadi makin semangat buat bisa kuliah disana. terimakasih sekali

    BalasHapus
  15. kak, perkenalkan saya Egi sepfriansyah .mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (sebelahnya teknik Informatika ITS :D ).
    saya berkeinginan juga dapat kuliah di German. oiya, ingin menanyakan Untuk D4 itu kita bisa langsung daftar / atau ada persyaratan tambahan kak ? lalu untuk traslit transkipnya kakak dimana ya (yang diperbolehkan) ? semisal di kampus kami sudah menyediakan trasnkip bahasa inggris itu apakah boleh menggunakannya ya ?. sebelumnya maaf kak banyak tanya :D .
    kalau kakak berkenan, tolong balas di email saya ya kak ( egi.perpipaan@gmail.com )

    BalasHapus
  16. kak kalau misalkan ngambil s2 nya kls biasa bahasa jerman untuk jurusan material itu gimana ? apa tetap melampirkan hasil IELTS/TOEFL atau cuma sertifikat bahasa jerman doang ? mohon dibls kak. saya ingin mencari tahu tentang s2 kelas reguler di rwth

    BalasHapus