A blog of everyday life and traveling experience.

Sabtu, 08 Oktober 2016

Hello RWTH Aachen - Pengalaman mendaftar sampai daftar ulang

Hello!

Pada postingan ini saya akan menjelaskan pengalaman mendaftar di salah satu universitas teknik ternama di Jerman, RWTH Aachen University.

RWTH Aachen ini di Indonesia terkenal dengan nama "kampusnya pak Habibie", dan di Jerman sendiri merupakan salah satu leading university khususnya di bidang teknologi. Saya mengetahui mengenai kampus ini dari orangtua angkat saya di Jerman, dan juga dari beberapa pameran pendidikan yang saya hadiri (EHEF dkk). 

Mimpi saya untuk lanjut sekolah di Jerman sudah ada setelah saya pulang dari pertukaran pelajar dengan AFS di tahun 2010-2011 lalu. Tetapi karena untuk melanjutkan di jenjang S1 sedikit rempong dengan studiekollege dan juga Alhamdulillah saya diterima di ITS, saya akhirnya memutuskan untuk menunda niat kuliah di Jerman untuk jenjang S2. 

Perjalanan untuk mendaftar tidak mudah. Awalnya adalah untuk memutuskan "mau kuliah di universitas mana?". Tetapi untuk mendapatkan jawaban itu, pertanyaan "mau lanjut jurusan apa?" juga harus dijawab, karena belum berarti universitas bagus memiliki jurusan yang kita inginkan. Menurut saya pribadi lebih bagus kuliah sesuai minat daripada hanya mengejar kampus bagus saja. 

Dalam perjalanan persiapan menuju S2 ini saya lakukan sejak saya berada di semester 5 diantaranya dengan menghadiri pameran-pameran pendidikan dan juga melihat di internet. Pada akhir semester 5 saya membuat google sheet yang berisi semua universitas di Jerman dan program S2 Teknik Informatika yang ditawarkan. Saya juga menanyakan beberapa informasi mengani program kuliah kepada suami kakak angkat saya dikarenakan dia juga lulusan teknik informatika.

Sheet tersebut di update beberapa saat dan berhenti pada saat awal semester 7. Setelah melihat-lihat, untuk kuliah S2 yang berbahasa Inggris, pendaftaran yang paling tidak rempong adalah mendaftar di RWTH Aachen University. Saya yang penggemar pak Habibie jadi semangat untuk mengurus pendaftaran. Ditambah lagi untuk program Teknik Informatika, RWTH Aachen menawarkan 2 program master dalam bahasa Inggris: M.Sc in Software Systems Engineering dan M.Sc in Media Informatics yang menurut saya dua-duanya menarik.

Semua pendaftaran dilakukan bukan melalui uni-assist, tetapi melalui portalnya sendiri: https://movein.campus.rwth-aachen.de/movein/portal/studyportal.php Jadi langkah-langkah awal yang harus dilakukan adalah. (UPDATE 18.08.2019: portal pendaftaran RWTH sudah berubah. Link sebelumnya sudah tidak berlaku lagi, oleh karena itu, langkah-langkah dibawah sudah tidak relevan)

1. Mencari tahu ingin kuliah apa
Untuk daftar program S2 yang ditawarkan dapat dilihat di sini. Sudah saya bantu filter untuk program khusus bahasa Inggris (dikarenakan untuk bahasa Jerman agak lebih rempong pendaftarannya).

2. Program yang kamu inginkan ada? Daftar di portalnya!
Jika program master yang kamu inginkan ada, silahkan register di portalnya di https://movein.campus.rwth-aachen.de/movein/portal/newapp.php. Klik start untuk memulai. Harap diingat bahwa pendaftaran untuk winter semester DITUTUP pada tanggal 1 Maret tiap tahunnya. Klik next-next dan isi sesuai data yang sebenarnya (asal negara, program yang diinginakn dll). Untuk pertanyaan "do you already have a university degree?" di jawab yes meskipun kamu belum lulus (yang jelas akan lulus).

3. Isi form yang tersedia.
Akan disediakan form untuk diisi, seputar data pribadi, nilai ijazah SMA, alamat dll. Harap diisi sedetail dan sejujur-jujurnya. Untuk berkas bisa ditambahkan nantinya (dicicil bisa).

4.Siapkan berkas yang dibutuhkan
In general, berkas-berkas yang dibutuhkan:
  • Surat motivasi
  • 2 surat rekomendasi dari dosen
  • Ijazah S1 (bisa nyusul)
  • Transcript (sampai semester 7 aja juga ga masalah)
  • IELTS/TOEFL (kalau udah tes, kalau belum bisa nyusul)
  • Foto
  • Syllabus (ini ga harus tapi mending attach aja)
  • Surat keterangan kerja atau pengalaman kerja (kalau ada)
Scan semuanya dengan jelas agar bisa dibaca. Saya memulai mengumpulkan berkas sejak akhir semester 7, tetapi dari beberapa bulan sebelumnya sudah meminta izin kepada 2 orang dosen jika berkenan untuk membuatkan saya surat rekomendasi. Bagusnya RWTH Aachen untuk Ijazah dan TOEFL/IELTS bisa menyusul jadi untuk kamu yang masih berada di semester 7 juga memiliki peluang untuk mendaftar (but bakalan telat tiba di Jermannya karena tunggu ijazah kalau lulus pas 8 semester).  Surat motivasi jangan dianggap remeh, karena meskipun kelihatan sepele tetapi pas mulai menulisnya idenya lari semua. 

5. Print dan tanda-tangani form
Ketika semua berkas sudah diupload, form akan otomatis di generated, dan bisa di print. Silahkan print form ini, tandatangani lalu kirim ke Jerman. Berkas paling lambat diterima tanggal 1 Maret untuk mulai kuliah Oktober tahun depannya. Saya sewaktu itu menggunakan Zip courier dari Surabaya dan hanya dikenakan hampir 300ribu rupiah. Dan berkas ini bisa dikirim bareng orang lain jadi mending rame-rame aja kirimnya supaya hemat.

6. Cek status
Status pendaftaran bisa di cek di https://movein.campus.rwth-aachen.de/movein/portal/login.php?_type=login. Normally, mereka akan mengemail jika terjadi perubahan.

7. Berdoa
Last step, berdoa semoga tidak ada hambatan dan diterima. Aamin.

Bisa dibilang tiap hari saya deg-degan menunggu pengumuman. Pada bulan April saya mendapat pesan jikalau aplikasi saya untuk program Media Informatics sedang di proses dan akan diberitahu hasilnya 2-3 minggu lagi. Ah iya, saya mendaftar di dua program tersebut (Media Informatics dan Software Systems Engineering). 

lagi diproses..
Pada hari Kamis beberapa minggu berikutnya saya terbangun dan mendapat email bahwa saya diterima di program MSc in Media Informatics. Alhamdulillah, begitu senang rasanya bisa diterima. LoA yang saya terima bersifat conditional dikarenakan saya belum mengumpulkan ijazah dan hasil IELTS/TOEFL. Kendala yang saya terima adalah saya tidak bisa mendaftar visa jikalau dua persyaratan ini belum terpenuhi. Untuk IELTS bisa-bisa saja daftar segera untuk tes. Tetapi ijazah? Harus menunggu dulu, apalagi waktu itu tugas akhir saya masih setengah jalan hehehe (tambah motivasi lagi untuk cepat lulus).

Email untuk MI



LoA!

Pada bulan Mei atau awal Juni kalau tidak salah saya mendapatkan email lagi bahwa saya "likely to get accepted" pada program SSE. Dan beberapa hari kemudian LoA untuk SSE pun menyusul melalui portal tadi. Untuk LoA asli juga dikirimkan langsung ke alamat yang kamu tuliskan pada saat pendaftaran.

Next step: lulus dan urus visa. Untuk langkah-langkah mengurus visa pelajar Jerman dapat dibaca pada postingan saya sebelumnya di sini.
email dari SSE

Alhamdulillah visa saya kelar dalam waktu 3,5 minggu (bisa dibilang lumayan beruntung) walaupun saya sangat telat mengurusnya. Saya kemudian berangkat ke Jerman pada tanggal 30 September 2015.

Pada tanggal 5 Oktober kemarin saya mendaftar ulang di RWTH Aachen. Setelah beberapa pertimbangan, saya memutuskan untuk mengambil jurusan Media Informatics. Uniknya untuk program ini 1-2 semester pertama akan dilaksanakan di Bonn, yang berjarak 1,5-2 jam dari Aachen. Untuk berkas ulang, yang perlu dibawah adalah:

  1. LoA
  2. Syarat-syarat di LoA
  3. Ijazah asli
  4. Transcript asli
  5. Asuransi
Untuk asuransi diharuskan untuk memakai asuransi yang sesuai dengan standar Jerman, dan saya sarankan untuk membuatnya di Jerman dikarenakan sistemnya cashless jadi jika terjadi sesuatu tidak perlu rempong lagi dengan reimbursement.

Sekian cerita dari saya, semoga bermanfaat :)

Jika ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya lewat komentar di bawah.

Liebe Grüße aus Königswinter and I wish you a bright future ahead!
Yang masih berjuang bertahan hidup tanpa beasiswa dan lagi berusaha mencari part-time,
Dala :)





42 komentar on "Hello RWTH Aachen - Pengalaman mendaftar sampai daftar ulang"
  1. Mantap mas, sangat memotivasi.
    Saya mau tanya pendaftaran di aachen ada berapa periode ya?
    Kalau untuk saat ini kira2 bisa apply pendaftaran gak ya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftarannya tergantung jurusan. Kadang ada yang 1 kali setahun, kadang ada yang 2 kali. Untuk pendaftaran masuk Winter 2017/2018 sudah tutup, tapi kalau jurusan yang kamu mau ada untuk Summer Semester tahun depan, berarti bisa daftar rahun ini

      Hapus
  2. beasiswa kah ini kak?

    (nambah lagi kayaknya yang berminat ex. smudama+its ke RWTH kak).. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya saya nda beruntung dapat beasiswa. tapi bisa apply lpdp kan :)

      Hapus
  3. Kak, saya mau nanya, di rwth ada gak program studi s1 untuk teknik?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada broo banyaak banget malaah. Justru rwth itu tempatnya teknik

      Hapus
    2. bener. banyak banget jurusan tekniknya

      Hapus
  4. Kak, mau Tanya, buat lulusnya gak ada tes tertulis atau online tentang pelajaran2 di jurusan yang akan diambil? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk S2 ga ada sama sekali tes tertulis, melainkan full seleksi berkas.

      Hapus
  5. kak, saya mau tanya. kalo yang kuliahnya bahasa jerman, dokumennya tambah apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk S1 atau S2? Kalau S2 mungkin tambahannya sertifikat bahasa jerman yang sesuai dengan syarat universitas yang dituju

      Hapus
  6. kak, saya mau tanya. kalo yang kuliahnya bahasa jerman, dokumennya tambah apa?

    BalasHapus
  7. apakah utk s2 di RWTH Aachen, International Students hanya bisa mendaftar yang english-taught programs? Apakah yang german-taught tidak bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dua-duanya, asalkan untuk german-taught bahasa jermannya memadai

      Hapus
  8. Kak Dala,
    Sy sdh email ke alamat Kaka. Sy jg sedang mengurus application ke SSE RWTH. Nah, yg mau Sy tanyakan, Kaka apply bln brp baru dpt LoA April itu? Berdasar pengalaman Kaka & tmn2, Mungkinkah kalau Sy kirim berkas skrg dpt LoA bln dpn? Atau harus menunggu April? Krn di web nya : "result of admission will be available not before May". Sedangkan Sy butuh untuk sponsorship bln dpn.
    Thnks.
    Rofi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rofi,
      Sudah saya balas ya emailnya :)

      Tetapi mungkin bagi yang ingin bertanya pertanyaan yang sama saya jawab:

      Untuk LOA, meskipun daftarnya bulan Oktober, penerimaan LOAnya tetap setelah pendaftarannya tertutup (biasanya dikirim April-Mei tergantung jurusan)

      Hapus
  9. Kak saya berasal dari PTN biasa* saja di Jawa tengah... Akreditasi kampus dan jurusan masih B...apakah hal tersebut berpengaruh??
    Kalau hanya bisa bahasa inggris dan gk paham bahasa jerman ada pengaruhNya gk saat pendaftaran?? Saya masih semester 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Anggara,

      Kalau masalah akreditasi saya kurang tau, tapi selama diakui di ANABIN kamu bisa daftar.

      Terkait bahasa itu tergantung dari program yang kamu ambil, kalau programnya memang internasional, tidak apa-apa kalau tidak tau bahasa Jerman (sebagian besar teman jurusan saya belajar bahasa Jermannya pas di sini).

      Good luck!
      Dala

      Hapus
  10. Kak APA harus jenius sekali Bari bisa masuk rwth??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Saya rasa usaha yang menentukan, bukan jenius atau tidaknya :)

      Hapus
  11. Ka, syarat ipk s1 di Indonesia agar bisa mendaftar RWTH berapa?

    BalasHapus
  12. Kak di rwth apakah ada s3 geoscience?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Maaf saya kurang tau untuk program S3, mungkin bisa cek langsung di website rwth-nya

      Hapus
  13. Kak di rwth apakah ada s3 geoscience?

    BalasHapus
  14. Assalamalaikum, keren kak :D, jadi makin semangat buat bisa kuliah disana. terimakasih sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikunsalam. Terima kasih sudah baca, ditunggu ya di sini :)

      Hapus
    2. Kak dala boleh tahu email kakak karna ada yang mau saya tanyakan ke kakak masalah di belajar di universitas di Jerman

      Hapus
  15. kak, perkenalkan saya Egi sepfriansyah .mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (sebelahnya teknik Informatika ITS :D ).
    saya berkeinginan juga dapat kuliah di German. oiya, ingin menanyakan Untuk D4 itu kita bisa langsung daftar / atau ada persyaratan tambahan kak ? lalu untuk traslit transkipnya kakak dimana ya (yang diperbolehkan) ? semisal di kampus kami sudah menyediakan trasnkip bahasa inggris itu apakah boleh menggunakannya ya ?. sebelumnya maaf kak banyak tanya :D .
    kalau kakak berkenan, tolong balas di email saya ya kak ( egi.perpipaan@gmail.com )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jurusan/diploma bisa di cek di anabin apakah diakui atau tidak. Kalau untuk transkrip, kalau sudah bahaaa inggris udah ga perlu lagi di translate.

      Hapus
  16. Assalamualaikum kak, ada ga persyaratan untuk ambil S2 di jerman tentang akreditasi sekolah saat S1. Apa harus A ? sedangkan akreditasi sekolah B

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Wah, untuk itu saya kurang tau. Tetapi di anabin sepertinya di Status H+/- yang menentukan. Untuk lebih tepatnya mungkin bisa tanya langsung Universitasnya

      Hapus
  17. Assalamualaikum, wah kak terima kasih banget infonya. Alhamdulillah pas nyari-nyari kok ya nemu tulisan ini hehe (saya adik tingkatnya kakak di ITS juga lo, beda jurusan tapi :v). Mau tanya, dulu pas mau submit Kakak makai hasil tes TOEFL apa, yang dari UPT Bahasa itu? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Saya waktu itu ikut tes IELTS yang resmi, yang dari UPT ga diakui soalnya :)

      Hapus
  18. Apakah jika ikut s2 di aachen tidak menggunakan studiekollege lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. Iya, karena Studienkollege itu persyaratan untuk S1 dikarenakan Ijazah SMA Indonesia ga diakui di Jerman.

      Hapus
  19. Assalamu'alaikum kak
    Kalau lulusan D4 apakah bisa untuk lanjut S2 di RWTH? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, untuk itu bisa langsung di cek di anabin.de ya :)

      Hapus
  20. Untuk S2 teknikal mesin (mechanical engineering) itu mengunakan bahasa Jerman or English apa Jerman aja kak.....tolong dijawab ya kak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalau itu bisa langsung di lihat di website RWTH-nya ya! :) Saya hanya tau jurusan Informatika soalnya

      Hapus
  21. saya ingin bertanya kk..kalau kampus kita belum terdaftar namanya di anabin apakah bisa kuliah di jerman??

    BalasHapus
  22. Stephany loves gaming, she is particularly keen on bingo video games, blackjack, slot machines, and old fashioned Nintendo. She has a special place in casino.edu.kg her coronary heart for Sega and on-line poker. Si Redd took his firm, SIRCOMA, and renamed it IGT , which’s now a good software developer. The video poker machines were steadily accepted amongst gamblers in gambling houses. It wasn’t until 1970 that Dale Electronics launched the primary video poker machine. It was dubbed Poker-Matic, and it was installed in virtually every casino in Las Vegas at the time.

    BalasHapus